SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA Negeri 1 Kayen

Kelas/ Semester                       : XII Program IPA/ 2

Mata Pelajaran                          : Matematika

Standar Kompetensi               : Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

Alokasi Waktu                                    : 32 x 45’

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Menentukan Suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmatika dan geometri
  • Pola Bilangan
  • Barisan Bilangan
  • Barisan dan deret aritmatika dan geometri
  • Mendiskusikan pola dan barisan bilangan
  • Merumuskan definisi barisan dan notasinya.
  • § Merumuskan barisan aritmatika
  • Menghitung suku ke-n barisan aritmatika
  • § Merumuskan barisan geometri
  • Menghitung suku ke-n barisan geometri
  • Menghitung jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri dan deret geometri tak hingga
  • Mendiskusikan sisipan dari barisan aritmatika dan geometri
  • Menjelaskan arti barisan dan deret
  • Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika
  • Menemukan rumus barisan dan deret geometri
  • Menghitung suku ke n dan jumlah n suku deret aritmatika dan deret geometri.
Jenis:Kuis

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Ulangan

Bentuk

Instrumrn:

Tes tertulis

Pilihan ganda

uraian

16×45’ sumber:

  • § Buku khasanah matematika 3 program IPA
  • § Jurnal
  • § Internet
Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian
  • Notasi Sigma
  • Induksi Matematika
  • Menyatakan suatu deret dengan notasi sigma
  • Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma
Jenis:Kuis

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Ulangan

Bentuk

Instrumrn:

Tes tertulis

Pilihan ganda

uraian

8 x 45’ Sumber:

  • § Buku khasanah matematika 3 program IPA
  • § Jurnal
  • § Internet
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret Model matematika dari masalah deret
  • Menyatakan masalah deret dan menentukan masalah deret dan variabelnya.
  • Menyatakan kalimat verbal dari masalah deret ke model matematika
  • Mengidentivikasi masalah yang berkaitan dengan deret
  • Merumuskan model matematika dari masalah deret
Jenis:Kuis

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Ulangan

Bentuk

Instrumrn:

Tes tertulis

Pilihan ganda

uraian

8 x 45’ Sumber:

  • § Buku khasanah matematika 3 program IPA
  • § Jurnal

Internet

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya Solusi dari masalah deret.
  • Mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh
  • Menafsirkan dari suatu masalah dengan penyelesaian yang berkaitan dengan deret
  • Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret
  • Memberi tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh
Jenis:Kuis

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Ulangan

Bentuk

Instrumrn:

Tes tertulis

Pilihan ganda

uraian

<<<<<<<<kembali ke halaman awal>>>>>>>>